Rabu, 13 Juni 2012

STRATEGI JITU MENJADI PENULIS

      Penulis adalah orang yang bisa menulis dengan baik. Menurut Suwandi “Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu aktifitas yang berproses dan tidak sekali jadi”. Hal itu ditunjang oleh Suparno dan Yunus yang mengatakan bahwa proses dalam menulis adalah prapenulisan (persiapan), penulisan (pengkajian isi karangan) dan pascapenulisan (telaah dan revisi).
       Sebelum menjadi seorang penulis yang handal, seorang terlebih dahulu menjadi penulis pemula. Langkah-langkah yang harus dilakukan penulis pemula adalah menghilangkan rasa malas, mencintai bahasa Indonesia yang baik dan benar, berlatih menulis secara terus-menerus dan mengumpulkan data. Langkah pertama, menghilangkan kemalasan dalam diri sangat perlu dilakukan untuk menjadi penulis, jadikanlah gagasan-gagasan di kepala menjadi sebuah tulisan. Langkah kedua yaitu mencintai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terkadang tulisan yang dibuat sangat bagus dan mempunyai ide yang cemerlang, tetapi berubah menjadi tulisan yang suram untuk dibaca hanya karena bahasanya yang sulit dipahami. Oleh karena itu, pemahaman bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan dalam menulis. Langkah ketiga, berlatih menulis. Belajar menuliskan setiap gagasan yang terlintas di benak, jangan pernah malu untuk berlatih menulis. Langkah keempat yang dapat ditempuh untuk menjadi seorang penulis pemula adalah mengumpulkan kata-kata, istilah-istilah atau kalimat kunci, ini sangat berguna agar tulisan semakin menarik keinginan pembaca untuk terus membaca karya yang ditulis. Semakin banyak istilah yang ditemukan dapat memotivasi untuk menulis kembali.
        Setelah langkah-langkah menjadi penulis pemula telah dilakukan, seorang penulis harus memahami teknik-teknik menulis, yaitu pramenulis, penulisan naskah awal, perbaikan, koreksi naskah dan substansi. Dalam pramenulis penulis menentukan tujuan menulis, menganalisais pembaca, menentukan topik dan mengumpulkan referensi. Setelah topik dipilih, referensi dikumpulkan dan dibaca, saatnya membuat garis besar tulisan (outline). Rapikan poin-poin bahasan mulai dengan pendahuluan menuju bahasan utama (bridging) dan pokok-pokok bahasan (subjudul). Saat penulisan naskah awal, tuliskan semua yang diketahui dan pikirkan tentang topik yang sudah ditentukan. Jangan perhatikan ejaan, kata dan kalimatanya karena pada teknik ketiga yang disebut revising stage tulisan daapat ditulis ulang dari naskah awal dan sesuaikan dengan garis besar. Saat teknik ketiga perhatikan judul, judul harus benar-benar mewakili isi tulisan dan perbaiki kesalahan kata, kalimat dan ejaan. Pada saat memperbaiki hindari pengulangan kata. Teknik yang terakhir adalah editing. Tahap inilah yang disebut dengan finishing touch sebelum tulisan dipublikasikan atau dikirimkan.
           Setiap orang bisa menyampaikan ide dan pesan melalui tulisan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang menyatakan bahwa menulis itu adalah kegiatan yang sulit dan sangat sedikit orang yang menekuni bidang ini. Semua anggapan itu akan hilang dengan sendirinya apabila penulis menggunakan langkah dan teknik dalam menulis. Singkatnya, hal yang terpenting adalah pastikan tulisan yang dibuat jelas dan mudah dimengerti dengan menggunakan kalimat efektif dan pastikan juga setiap paragraf berhubungan dengan topik yang dibahas. Terakhir pikirkan bahwa pembaca dapat memahami isi tulisan dan maksud tulisan. Jadi, tulisan yang dibuat dapat dengan mudah menarik minat pembaca.

Daftar Pustaka
Menulis. 2007. “Pengertian Menulis”. http://semaibroadcast.wordpress.com/2007/08/04/seni-dan-faidah-menulis/. Diakses tanggal 11 April 2008.
Suwandi, Surip. 2007. Buku Ajar Matakuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.
Suparno dan Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jkarata: Universitas Terbuka.

FROM Me:
Ini adalah tugas Ujian Tengah Semester saya pada menulis, kira-kira tahun 2009. Menulis berapa ? saya lupa. Heheh…. Disana sudah saya tampilkan beserta daftar pustaka,tapi bukan berarti anda dengan bebas bisa meng-copy-paste tulisan, mungkin lebih tepatnya digunakan sebagai rujukan. Untuk lengkapnya lagi, bisa cari di beberapa buku yang saya tampilkan di daftar pustaka. 
SEMOGA BERMANFAAT

2 komentar:

Unknown mengatakan...

trik bagusnya.. terus menulis...

Unknown mengatakan...

terima kasih sudah berkunjung :)

 

Twitter Update